Langsung ke konten utama

Game Berbasis Koneksi Jaringan dan Afiliasi

Foto: dokumentasi.pribadi



Game berbasis koneksi jaringan bukan merupakan teknologi baru dan bukan suatu hal yang mengherankan semua lini usia sudah terpapar dengan game semacam ini. Sebut saja RF Online, Ragnarok, Seal Online, Heva Online, Dragonest, Heroes of Newerth (HON), Defense of The Ancients (DOTA), Counter Strike Online, Point Blank (PB), Mobile Legend (ML), Free Fire, Clash Of Clan (COC), Arena Of Valor (AOV), Player Unknown’s Battle Grounds Mobile (PUBGM) dan masih banyak lagi.
Jika saya tarik satu hal menarik dari ragam permainan berbasis koneksi jaringan di atas dan menghubungkannya dengan pembelajaran yang akan dkaji secara umum, mungkin kata yang tepat untuk mewakili itu adalah kata afiliasi.
Afiliasi merupakan kata yang diserap dari bahasa inggris affiliation. Penuturan kata afiliation pertama kali dilakukan di Inggris pada Abad Pertengahan awal dalam sejarah eropa. Terdapat dua makna afiliasi menurut kbbi online. Pertama afiliasi bermakna pertalian sebagai anggota atau cabang perhubungan dan kedua afiliasi bermakna bentuk kerja sama antara dua lembaga pendidikan, biasanya yang satu lebih besar daripada yang lain, tetapi masinh-masing berdiri sendiri; bantuan yang diberikan oleh lembaga yang lebih besar dalam bentuk personel, peralatan, atau fasilitas pendidikan. Lebih lanjut, Arkhadi Pustaka, E-learning Consultant di Pusat Pengembangan Pendidikan UGM yang merupakan alumnus Jurusan Teknologi Pembelajran dari Magister Universitas Negeri Yogyakarta dan sekarang masih melanjutkan studi doktoral di Towson University Baltimore, USA pernah mengemukakan terkait makna afiliasi yaitu keanggotaan atau keterikatan seseorang pada sebuah kelompok dengan kesamaan identitas.
Manakala sekelompok pemain yang siap bekerja sama untuk mengalahkan sekelompok pemain lainnya pada game berbasis koneksi jaringan inilah yang merupakan konsep afiliasi dan diimplementasikan dalam stategi untuk meraih kemenangan pada permainan sejenis ini.
Kemudian jika dikaitkan dengan pembelajaran yang terjadi disekolah, konsep afiliasi ditemukan dalam pembelajaran berkelompok atau cooperative learning. Pembelajaran semacam ini diduga banyak pendidik dapat menjadi solusi pemahaman yang lebih baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang lebih cepat dari pada pembelajaran secara klasikal individual. Namun, yang harus dipikirkan lebih lanjut adalah penataan anggota kelompok satu dengan kelompok lainnya yang berimbang. Jika tidak berimbang bisa jadi malah tidak lebih baik dari pembelajaran klasikal individual. Jika tetap ngotot ingin melakukan pembelajaran dengan konsep cooperative learning maka solusinya guru harus menata ulang anggota kelompok.
Dalam tatanan pembelajaran yang lebih umum yaitu kehidupan sosial skala lokal maupun global, secara sadar ataupun tidak, setiap manusia berafiliasi dengan kelompok atau golongan tertentu. Kemudian afiliasi tersebut berkembang menjadi bagian dari identitas pribadi yang bersangkutan. Awalnya semua orang beranggapan bahwa afiliasi dan identitas itu berlaku bolak balik dan akhirnya melupakan bahwa sejatinya afiliasi dan identitas itu tidak selalu harus berlaku dua arah.
Contoh kasus nyatanya begini: jalan lintas sumatra terkenal dengan ketidakamanannya karena banyak orang di sekitar di jalanan tersebut menjarah truk yang membawa muatan bernilai ekonomi dan mampu melarikan diri secepat bajing yang meloncat. Kemudian timbullah cerita bahwa orang-orang sumatra itu menakutkan. Padahal tidak semua orang sumatra memiliki kelakuan seperti itu.
Contoh lainnya, Ahmad Dhani seorang musisi terkenal di Indonesia, santer terdengar memiliki afiliasi dengan kelompok orang-orang yahudi. Jika dilihat dari keturunannya, Ahmad Dhani memang dilahirkan dari ibu beretnisitas Yahudi bernama Joyce Kohler. Albert Einstein, seorang ilmuan fisika terbesar pada abad ke 20 dan Sigmund Freud, seorang psikoanalis yang pemikirannya sampai sekarang masih digunakan dalam ilmu psikologi juga memiliki afiliasi dengan kelompok orang-orang yahudi. Di sisi lain, bagian barat benua asia, Rebecca yang juga memiliki afiliasi dengan kelompok orang-orang yahudi menembak mati perawat muda Palestina Razan Najjar ketika sedang menjalankan tugasnya menjadi perawat di tengah aksi damai di Gaza tahun lalu. Tanpa mengesampingkan fakta bahwa kelakuan tentara-tentara israel yang memiliki afiliasi dengan kelompok orang-orang yahudi sangat melanggar HAM, lantas  apa kita semua harus membenci Ahmad Dhani, Albert Einstein, Sigmund Freud, dan orang-orang yang memiliki afiliasi dengan kelompok orang-orang yahudi yang berjasa pada dunia?
Acapkali kita salah karena menyamakan afiliasi dengan generalisasi sehingga menyebabkan kita terperangkap dalam penilaian tentang seseorang berdasarkan afiliasinya. Disinilah kita perlu meluruskan lagi pemikiran bahwasanya jikalau kita antipati dengan tingkah laku seseorang yang memiliki sifat/sikap/karakter tertentu sejatinya yang kita benci itu adalah tingkah lakunya bukan afiliasinya. Seperti berita yang sering di rilis di ranah publik, orang yang beragama islam melakukan pengeboman di berbagai daerah di indonesia yang menjadi fokus khalayak adalah afiliasi keislamannya padahal harusnya kita tidak bisa serta merta mengeneralisasikan tingkah lakunya dengan afiliasi keislamannya. Kita harusnya berang dengan tingkah lakunya bukan dengan afiliasi keislamannya.
Memaknai afiliasi secara keliru inilah yang membuat stereotipe negatif terhadap suatu afiliasi mengakar kuat dalam kehidupan sosial skala lokal maupun global. Masyarakat yang beragama selain islam kadung menganggap umat islam itu non toleran, saklek, teroris, bahkan menyematkan predikat tukang ngebom. Lalu, apa yang harus kita lakukan ketika individu yang memiliki afiliasi dengan kelompok orang-orang tertentu melakukan suatu perbuatan yang melanggar hak-hak kemanusiaan khalayak? Jawabannya sekali lagi adalah yang perlu kita kecam itu tindakan yang dilakukannya bukan afiliasi yang melekat padanya.
Sampai hari ini mungkin masih banyak orang Indonesia yang sentimen dengan etnisitas Yahudi sebagai suku bangsa, Namun semoga saja tulisan ini bisa membuka pikiran kita bahwa tindakan seseorang berbeda dengan afiliasi yang melekat adanya. Jangan pula menggeneralisasikan tindakan seseorang akan sama dengan tindakan orang lain yang satu kelompok dengannya berbekal afiliasi yang melekat pada kelompok tersebut karena kehidupan dalam masyarakat lokal maupun global itu tidak semudah pindah afiliasi seperti pindah afiliasi pada game berbasis koneksi jaringan.
Salam perbaikan dari kegagalan berpikir. Salam akal sehat. Salam damai.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manipulasi Gambar Vektor

Gambar Vektor adalah gambar yang terbuat dari unsur garis dan kurva. Sedangkan manipulasi gambar vektor adalah teknik yang dilakukan pada gambar yang sudah ada sebelumnya dengan menambahkan efek dan objek gambar lain yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu agar lebih menarik. Ciri-ciri gambar vektor adalah sebagai berikut : Ø   Terbentuk dari unsur garis dan kurva Ø   Tidak terlihat pecah saat diperbesar Ø   Kualitas gambar vektor tidak tergantung pada resolusi Ø   Ukuran file gambar relatife kecil Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari pengintegrasian manipulasi gambar pada perangkat lunak pengolah vektor adalah : 1.        Menjadikan gambar lebih menarik 2.        Memperindah gambar sesuai kebutuhan cetak 3.        Memperbaiki kualitas gambar 4.        Membuat gambar desain menyerupai gambar aslinya 5.        Menghasilkan efek sketsa pada objek Perangkat lunak dalam pengolahan desain grafis dap

Manipulasi Gambar Raster

Pengertian manipulasi gambar raster adalah teknik yang dilakukan pada gambar raster atau foto yang sudah ada sebelumnya untuk dibuat efek yang lebih unik dan menarik untuk keperluan tertentu dengan memanfaatkan tools dalam software. Manfaat memanipulasi gambar raster atau foto adalah sebagai berikut : 1.        Membuat fokus tertentu pada suatu objek raster. 2.        Membuat objek raster menjadi unik atau menarik. 3.        Membuat objek raster dengan berbagai efek. 4.        Memperbaiki kualitas dari gambar raster. Di bawah ini terdapat beberapa contoh manipulasi objek dengan berbagai teknik dalam memanipulasinya, yaitu : 1.        Teknik Seleksi objek Teknik seleksi objek adalah menyeleksi objek pada bagian tertentu untuk menonjolkan sesuatu pada objek atau memfokuskan kepada bagian yang terseleksi. 2.        Teknik Mewarnai dan Menggabung Objek Teknik ini memanipulasi gambar atau objek dengan memberikan efek pewarnaan kemudian digabung dengan objek atau

INDOOR FARMING: INOVASI PERTANIAN YANG DAPAT DIRINTIS MELALUI SEKOLAH KEJURUAN BERBASIS PERTANIAN

Kondisi cuaca yang tidak menentu di Indonesia, seperti kejadian baru-baru ini di Banjarnegara Jawa Tengah dimana akibat cuaca yang sangat dingin sehingga pada pagi hari, embun yang membasahi daun berubah menjadi embun “upas” atau embun yang membeku pada menyebabkan daun layu dan menghitam berimbas 78 Hektar lahan kentang di daerah tersebut rusak, kekeringan yang menyebabkan tanaman semangka petani Pasuruan terancam gagal panen, Banjir di Brebes membuat ribuan hektar bawang membusuk menjadikan Indonesia nampaknya perlu mencoba cara bertani yang tidak bergantung pada cuaca untuk menghindari gagal panen.   Terlebih lagi, per tahun 2030 populasi di Indonesia diperkirakan 345 juta jiwa berbanding terbalik dengan jumlah petani yang merosot tajam dalam 10 tahun terakhir. Survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), memberikan informasi   jumlah rumah tangga usaha tani di Indonesia pada 2003 sebanyak 31,17 juta kemudian sepuluh tahun berikutnya yaitu tahun 2013 jumlah rumah t